"Enjoy your youth. You'll never be younger than you're at this every moment." ;)

Kamis, 06 Oktober 2011

Tokoh Perkembangan Internet

Tim Berners-Lee
Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee, KBE (TimBL atau TBL) (lahir di London, Inggris, 8 Juni 1955; umur 56 tahun) adalah penemu World Wide Web dan ketua World Wide Web Consortium, yang mengatur perkembangannya.


Pada 1980, ketika masih seorang kontraktor bebas di CERN, Berners-Lee mengajukan sebuah proyek yang berbasiskan konsep hiperteks (hypertext) untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi di antara para peneliti. Dengan bantuan dari Robert Cailliau dia menciptakan sistem prototipe bernama Enquire.
Setelah meninggalkan CERN untuk bekerja di John Poole's Image Computer Systems Ltd, dia kembali pada 1984 sebagai seorang rekan peneliti. Dia menggunakan ide yang mirip yang telah dia gunakan pada Enquire untuk menciptakan World Wide Web, di mana dia mendesain dan membangun browser yang pertama (bernama WorldWideWeb dan dikembangkan dalam NeXTSTEP) dan server web pertama yang bernama httpd.
Situs web pertama yang dibuat Berners-Lee (dan oleh karena itu ia juga merupakan situs web pertama) beralamat di http://info.cern.ch/ (telah diarsip) dan dimasukkan online untuk pertama kalinya pada 6 Agustus 1991.
Pada 1994, Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology.
Hingga kini, Berners-Lee masih tetap rendah hati dan tidak berkeinginan untuk mendapatkan status populer. Banyak yang masih tidak mengetahui kekuatan karya pria ini, World Wide Web.
Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas.
Pada 16 Juli 2004 dia diberi gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II sebagai penghormatan atas jasa-jasanya.


Ted Nelson

Theodor Holm Nelson (lahir 17 Juni 1937) adalah seorang sosiolog Amerika, filsuf, dan pelopor teknologi informasi. Dia menciptakan istilah "hypertext" dan "hypermedia" pada tahun 1963 dan diterbitkan pada tahun 1965. Dia juga telah dikreditkan dengan pertama menggunakan kata-kata transclusion, virtualitas, intertwingularity, dan teledildonics.








Vint Cerf

Vinton Gray "Vint" Cerf ( lahir 23 Juni 1943) adalah seorang ilmuwan komputer Amerika, yang diakui sebagai salah satu "bapak Internet", berbagi gelar ini dengan ilmuwan komputer Amerika Bob Kahn . kontribusi Nya telah diakui dan dipuji, berulang kali, dengan gelar kehormatan dan penghargaan yang termasuk National Medal of Technology, Turing Award, Presidential Medal of Freedom , dan keanggotaan dalam National Academy of Engineering.
Pada hari-hari awal, Cerf adalah seorang manajer program untuk Amerika Serikat Departemen Pertahanan Advanced Research Projects Agency (DARPA) mendanai berbagai kelompok untuk mengembangkan teknologi TCP / IP. Ketika Internet mulai transisi ke kesempatan komersial selama 1980-an, Cerf pindah ke MCI mana ia berperan dalam pengembangan sistem email komersial pertama (MCI Mail) yang terhubung ke Internet.
Vinton Cerf berperan dalam pendanaan dan pembentukan ICANN dari awal. Cerf menunggu di sayap selama setahun sebelum ia melangkah maju untuk bergabung dengan Dewan ICANN. Akhirnya ia menjadi Ketua ICANN.
Pada tahun 1992 ia mendirikan, dengan Bob Kahn Internet Society untuk menyediakan kepemimpinan dalam standar Internet terkait, pendidikan dan kebijakan.
Cerf telah bekerja untuk Google sebagai Wakil Presiden dan Kepala Penginjil internet sejak September 2005. Dalam fungsi ini ia telah menjadi terkenal untuk prediksi tentang bagaimana teknologi akan mempengaruhi masyarakat masa depan, meliputi bidang-bidang seperti kecerdasan buatan, environmentalisme, munculnya para IPv6 dan transformasi industri televisi dan model pengiriman .
Cerf juga pergi ke sekolah tinggi yang sama sebagai Jon Postel dan Steve Crocker, ia menulis obituari itu mantan. Keduanya juga berperan dalam penciptaan Internet seperti yang kita kenal (lihat artikel).


Sejak 2010, Cerf telah menjabat sebagai Komisaris untuk Komisi Broadband untuk Pembangunan Digital, sebuah badan PBB yang bertujuan untuk membuat teknologi internet broadband yang lebih banyak tersedia.


Bob Kahn

Robert Elliot Kahn (lahir 23 Desember, 1938) adalah pelopor internet Amerika, insinyur dan ilmuwan komputer, yang, bersama dengan Vinton G. Cerf, menciptakan Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP ), protokol komunikasi dasar di jantung dari Internet.










Ray Tomlinson
Raymond Samuel Tomlinson (lahir 1941, Amsterdam, New York) adalah seorang programmer yang menerapkan sistem email pada tahun 1971 di ARPANET. Email sebelumnya telah dikirim pada jaringan lain seperti AUTODIN dan PLATO. Ini adalah sistem pertama yang mampu mengirim email antara pengguna di host yang berbeda terhubung ke ARPAnet. (Sebelumnya, mail dapat dikirim hanya kepada orang lain yang menggunakan komputer yang sama.) Untuk mencapai ini, ia menggunakan tanda @ untuk memisahkan pengguna dari mesin mereka, yang telah digunakan dalam alamat email sejak itu.
Email pertama yang dikirim adalah Tomlinson tes e-mail. Itu tidak diawetkan dan Tomlinson menggambarkan sesuatu yang tidak penting, seperti "QWERTYUIOP". Hal ini biasanya dikutip sebagai "e-mail pertama adalah QWERTYUIOP". Tomlinson kemudian berkomentar bahwa "pesan uji seluruhnya dilupakan dan saya, karena itu, melupakan mereka."
Pada awalnya, sistem email pesan itu tidak dianggap sebagai masalah besar. Ketika Tomlinson menunjukkan kepada rekannya Jerry Burchfiel, ia mengatakan "Jangan bilang siapa-siapa! Ini bukan apa yang kita seharusnya bekerja pada."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar